Kebiasaan Penyebab Gigi Berlubang, Hindari Cara Perawatan yang Salah!

Kebiasaan Penyebab Gigi Berlubang, Hindari Cara Perawatan yang Salah!

Banyak orang yang masih menyepelekan atau tidak menyadari kebiasaan penyebab gigi berlubang. Bahkan ada kebiasaan dalam perawatan gigi yang ternyata bisa menyebabkan gigi berlubang.

Beberapa kebiasaan ketika menyikat gigi misalnya, bisa saja menjadi penyebab gigi rusak lalu berlubang. Oleh karena itu, cara atau teknik perawatan gigi juga harus dilakukan dengan benar agar tidak menyebabkan masalah atau kerusakan pada gigi Anda.

Hindari Kebiasaan Penyebab Gigi Berlubang!

Memiliki gigi berlubang tentu menyebabkan kondisi tidak nyaman saat makan. Gigi berlubang bisa menyebabkan rasa nyeri, sakit, gusi bengkak, kesulitan mengunyah makanan, hingga bau mulut. Oleh karena itu, hindari beberapa hal berikut ini yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

1. Jarang Menyikat Gigi

Kebiasaan pertama yang menjadi penyebab utama gigi berlubang adalah kebiasaan tidak menyikat gigi. Menyikat gigi berguna untuk membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi, jika tidak dibersihkan maka akan menumpuk dan menyebabkan masalah pada gigi.

Menyikat gigi terutama harus dilakukan sebelum tidur, tetapi banyak yang menyepelekannya. Sisa makanan yang tertinggal di gigi akan memicu munculnya bakteri pada gigi dan mulut yang menghasilkan asam, asam inilah yang menyebabkan gigi berlubang.

2. Cara Sikat Gigi yang Salah

Ternyata menyikat gigi saja tidak cukup mencegah gigi berlubang, faktanya ada kebiasaan menyikat gigi yang salah dan justru menyebabkan sakit gigi. Kebiasaan menyikat gigi yang menyebabkan gigi berlubang antara lain menyikat gigi terlalu lama maupun terlalu kencang.

Hal ini menjadi salah satu kebiasaan penyebab gigi berlubang karena bisa menyebabkan lapisan gigi justru terkikis terus menerus. Ketika lapisan gigi terkikis, maka lapisan pelindungnya semakin tipis. Hal inilah yang kemudian menyebabkan tingginya risiko gigi berlubang.

3. Mengunyah Es Batu

Banyak orang mengira jika mengunyah es batu tidak akan menyebabkan masalah gigi, karena bebas gula dan hanya terbuat dari air. Faktanya, mengunyah es batu yang termasuk benda keras dan suhunya dingin justru berpotensi menyebabkan keretakan pada gigi.

Keretakan pada gigi tentu bisa menyebabkan masalah-masalah lainnya. Jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus, maka jaringan lunak pada gigi akan rusak dan tentu menyebabkan sakit gigi. Oleh karena itu, kebiasaan yang dianggap sederhana dan aman ini harus Anda hindari.

4. Membuka Kemasan dengan Gigi

Sama seperti es batu, banyak orang mengira jika kebiasaan membuka kemasan menggunakan gigi adalah kegiatan sepele yang tidak berdampak pada kesehatan gigi. Ternyata, hal ini juga termasuk salah satu kebiasaan penyebab gigi berlubang.

Kebiasaan ini jika dilakukan terus menerus akan menyebabkan gigi retak atau bahkan patah, apalagi jika kemasan yang dibuka sangat keras. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan tangan atau gunting untuk membuka kemasan, dan jangan menggunakan gigi.

5. Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Konsumsi makanan dan minuman manis dilakukan oleh hampir semua orang, karena rasanya yang nikmat. Namun tahukah Anda jika makanan maupun minuman manis ternyata bisa menyebabkan berbagai masalah pada gigi Anda, salah satunya gigi berlubang.

Kebiasaan ini biasanya dilakukan sejak kecil, tanpa memperhatikan bagaimana kondisi gigi sejak anak-anak. Akibatnya, gigi menjadi rusak dan muncul berbagai masalah pada gigi. Jika ingin konsumsi makanan manis, maka harus dibersihkan dengan benar.

Mengapa makanan dan minuman manis bisa menyebabkan gigi berlubang? Karena makanan manis yang berlebihan bisa menyebabkan kondisi rongga mulut disukai bakteri. Jika gigi tidak dibersihkan dengan benar, maka bakteri inilah yang akan menyebabkan gigi berlubang.

6. Konsumsi Minuman Bersoda

Siapa sangka, minuman bersoda yang segar dan nikmat ternyata bisa menjadi salah satu kebiasaan penyebab gigi berlubang jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini dikarenakan minuman bersoda mengandung pemanis buatan dan soda.

Kedua bahan tersebut bisa menurunkan pH di dalam mulut, sehingga merusak perlindungan gigi. Jika ingin mengkonsumsi minuman bersoda, maka harus segera dibersihkan setelah minum, dianjurkan untuk segera minum air putih, tapi jangan langsung gosok gigi.

Mengapa demikian? Karena lapisan enamel yang terkena soda sedang dalam posisi melunak, sehingga jika langsung disikat menggunakan sikat gigi, maka mineral gigi justru akan larut. Mineral larut inilah yang bisa menjadi awal mula penyebab gigi berlubang.

7. Menggertakkan Gigi Saat Tidur

Kebiasaan menggertakkan gigi atau bruxism biasanya dilakukan tanpa disadari, Selain suaranya mengganggu orang lain, menggertakkan gigi juga bisa mengakibatkan gigi patah dan gigi sensitif, hingga berujung pada kerusakan gigi yang parah jika terus menerus.

Bruxism ini bisa menjadi pertanda terjadinya kecemasan atau stres. Oleh karena itu, untuk mencegahnya bisa menggunakan pelindung gigi atau night guard yang didapatkan dari dokter gigi. Serta melakukan aktivitas untuk meredakan stress atau cemas.

Setelah mengetahui beberapa kebiasaan penyebab gigi berlubang yang disebutkan di atas. Anda harus mulai menghindari hal-hal yang bisa menjadi penyebabnya. Jika gigi Anda sudah berlubang, maka segera periksa ke dokter gigi agar kerusakannya tidak semakin parah.

By Ganep Nashiruddin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *